MINAT ORANG TUA UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN ANAK KE PROGRAM STUDI TEOLOGI

https://doi.org/10.63284/jk.v1i2.19

Penulis

  • Nosvin Batombukan Sekolah Tinggi Teologi Star's Lub Luwuk Banggai, Indonesia
  • Junni Yokiman Sekolah Tinggi Teologi Star's Lub Luwuk Banggai, Indonesia
  • Leo Mardani Ruindungan Sekolah Tinggi Teologi Star's Lub Luwuk Banggai, Indonesia

Kata Kunci:

Faktor sosial-ekonomi, gereja lokal, minat orang tua, pendidikan teologi, prospek karir

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi minat orang tua di Jemaat Kalvari Kelapa Lima, sebuah gereja lokal di Kabupaten  Banggai Laut, Provinsi Sulawesi Tengah, dalam mendorong anak-anak mereka melanjutkan pendidikan ke program studi teologi. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana faktor sosial-ekonomi dan persepsi orang tua terhadap prospek karir di bidang teologi memengaruhi keputusan mereka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui survei angket yang terdiri dari 9 pernyataan dengan lima pilihan jawaban berdasarkan skala Likert. Angket disebarkan kepada 30 orang tua yang memiliki anak tamat SMA di jemaat tersebut. Hasil analisis data menggunakan SPSS menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua menganggap pendidikan teologi penting untuk pengembangan moral dan spiritual anak, tetapi terdapat tantangan dalam hal frekuensi pembahasan tentang pendidikan teologi dan prospek karir di bidang ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun ada minat yang tinggi terhadap pendidikan teologi, orang tua cenderung lebih fokus pada faktor ekonomi dan kestabilan pekerjaan dalam mendukung keputusan pendidikan anak. Rekomendasi penelitian ini adalah untuk memperkenalkan peluang karir di luar gereja dan mengembangkan strategi yang dapat meningkatkan keterlibatan orang tua dalam mendukung pendidikan teologi.

Referensi

Amtu, O., Taliak, J., Untailawan, F., & Aituty, M. (2024). Kompetensi manajerial pendeta sebagai solusi bagi kepemimpinan gereja: Studi kasus di lingkungan Gereja Protestan Maluku. KURIOS, 10(2), 403–413. https://doi.org/10.30995/kur.v10i2.652

Arsyad, Subhi, Saliha, H., & Sulitiyas, U. (2019). Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak (Studi Desa Mantang Besar Kabupaten Bintan). Jurnal Masyarakat Maritim, 1(1), 7–17. https://doi.org/10.31629/jmm.v1i1.1658

Atika, R., Yunus, R., & Nggilu, A. (2025). Peran Orang Tua Terhadap Minat Anak yang Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. KNOWLEDGE: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan, 5(2), 201–209. https://doi.org/10.51878/knowledge.v5i2.5175

Djadi, J. (2009). Kepemimpinan Kristen yang Efektif. Jurnal Jaffray, 7(1), 16. https://doi.org/10.25278/jj71.v7i1.5

Frahasini, Suslistyarini, A. (2019). Peran Orang Tua Dalam Memberikan Dorongan Cinta Kasih Bagi Pendidikan Anak. Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(9), 1–11. https://doi.org/10.26418/jppk.v3i9.7009

Graham, L. K., & Whitehead, J. C. (2006). The Role of Pastoral Theology in Theological Education for the Formation of Pastoral Counselors. American Journal of Pastoral Counseling, 8(3), 9–27. https://doi.org/10.1300/J062v08n03_02

Hove, R., & Moyo, H. (2022). The pastor as an ecumenical leader: Reflections and Pastoral Ministry experiences at Bvumbura parish, Zimbabwe. Pharos Journal of Theology, 103(2), 1–14. https://doi.org/10.46222/pharosjot.103.2028

Irim, R. S. (2023). Tanggung Jawab Orangtua Katolik dalam Pendidikan Iman Anak di Stasi Santo Yosef Kampung Baru. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 7(1), 26-35. https://doi.org/10.61831/gvjkp.v7i1.158

Matondang, A. (2018). Pengaruh antara Minat dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 24–32. https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i2.1215

Meena, A., Jamal, Z., Shukla, P., & Singh, A. (2024). A Study on Academic Decision Making of Young Adults in Relation to Parental Control. Journal of Scientific Research and Reports, 30(8), 119–127. https://doi.org/10.9734/jsrr/2024/v30i82231

Molindako, E., Mosooli, E. A., & Lembolangi, L. (2024). Minat Remaja Di Jemaat Musafir Paisubololi Untuk Melanjutkan Pendidikan Di Program Studi Teologi. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 6(1), 72–88. https://doi.org/10.35909/visiodei.v6i1.516

Muhammad, M., Gani, H., & Arifin, A. (2017). Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Anak di Desa Wunse Jaya Kecamatan Wawonii Tenggara Kabupaten Konawe Kepulauan. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 10(1 SE-Articles), 163–180. https://doi.org/10.31332/atdb.v10i1.558

Oliver, E. (2016). Theology: Still a queen of science in the post-modern era. In die Skriflig/In Luce Verbi, 50(1), 1–7. https://doi.org/10.4102/ids.v50i1.2064

Purba, B. C. (2023). Peranan Pendeta dalam Meningkatkan Pertumbuhan Gereja Secara Kualitas. JUITAK : Jurnal Ilmiah Teologi dan Pendidikan Kristen, 1(2), 57–74. https://doi.org/10.61404/juitak.v1i2.42

Robin, A., Wildon, T., & Monteiro, Y. H. (2024). Priest as a Minister of the Liturgy and Sacrament of Holy Order. International Journal For Multidisciplinary Research, 6(6), 11784–11797. https://doi.org/10.36948/ijfmr.2024.v06i06.32133

Setiawati, V. W. (2024). Peran Orang Tua Dalam Membangun dan Menguatkan Fondasi Iman Anak Usia Dini. Jurnal Teologi Injili dan Pendidikan Agama, 2(1), 113–118. https://doi.org/10.55606/jutipa.v2i1.241

Siregar, R. N., Prabawanto, S., Mujib, A., & Rangkuti, A. N. (2021). Faktor Dukungan Keluarga dalam Mempengaruhi Minat Mahasiswa Memilih Jurusan Pendidikan Matematika di IAIN Padangsidimpuan. JIPMat, 6(2), 250–260. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i2.9196

Slameto. (2012). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya (6 ed.). Bina Aksara.

Taruh, S. S., Dendeng, L. C., Mongkau, T. A. K., & Lumiwu, J. J. (2024). Pentingnya Ajaran Agama Kristen dalam Fase Perkembangan Psikologi Anak Usia 8-9 Tahun. PADAMARA: Jurnal Psikologi dan Sosial Budaya, 1(2), 9–19. https://doi.org/10.70420/e5v7s441

Telaumbanua, A. (2019). Peran Gembala Sidang Sebagai Pendidik Dalam Pertumbuhan Rohani Jemaat. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, 2(2), 362–387. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i2.45

Wetesi, N. M., Yokiman, J., & Labito, A. M. (2023). Persepsi Remaja di Jemaat Bersehati Adean tentang Profesi Pendeta. SAMI: Jurnal Sosiologi Agama dan Teologi, 1(1), 42–69. https://ejournal.uksw.edu/sami/article/view/9796/2551

Wiwoho, A. B. (2022). Pelayanan Pastoral Konseling Bagi Pertumbuhan Iman Gereja. JURNAL SUNETOS, 1(1), 9–19. https://doi.org/10.61068/jsnt.v1i1.22

Diterbitkan

2025-10-01

Cara Mengutip

Batombukan, N., Yokiman, J., & Ruindungan, L. M. (2025). MINAT ORANG TUA UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN ANAK KE PROGRAM STUDI TEOLOGI. Kognisio, 1(2), 115–129. https://doi.org/10.63284/jk.v1i2.19

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama